Pengembangan Kawasan Bandung Timur

Peta Kawasan Bandung Timur

Jarak kota Bandung yang berdekatan dengan Ibu Kota Jakarta, ditambah akses Tol Cipularang yang menghubungkan 2 kota tersebut membuat Kota Bandung semakin dilirik oleh para investor. Selain jarak diatas, kota Bandung memiliki beberapa keunggulan seperti iklim yang lebih sejuk serta Sumber Daya Manusia yang dikenal sangat kreatif.

Namun perkembangan kota yang lebih banyak bertumpu ke wilayah barat, utara, selatan dan tengah membuat kota ini kian hari kian padat dan timpang. Kawasan Bandung Timur yang selama ini "diacuhkan" akhirnya dilirik sebagai kawasan pengembangan. Kawasan yang memiliki cakupan wilayah yang cukup luas ini mulai menunjukan grafik menanjak dalam hal pembangunan.

Stadion bertaraf Internasional yang berlokasi di Kelurahan Cimincrang ini ditargetkan akan rampung di tahun 2013. Belum lagi sarana penunjang seperti akses jalan tol Purbaleunyi yang rencananya akan dibuka di Gedebage. Ketika Bandung Cyber City mendengarkan pemaparan dari pihak Pemerintah Kota mengenai rencana pengembangan kawasan Bandung timur, kami cukup optimis akan perkembangan kawasan ini di beberapa tahun ke depan. Terminal transportasi antar kota, rumah sakit bertaraf internasional, hotel, danau buatan, pusat perbelanjaan, perguruan tinggi, perpanjangan jalan layang pasopati hingga wilayah Ujung Berung akan segera terealisasi. Apalagi jika Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) jadi dibangun (lokasi tidak jauh dari Stadion Gedebage), maka hal itu dapat memecah kebuntuan seluruh warga kota Bandung akan permasalahan sampah yang kian hari kian sulit tertampung oleh Tempat Pembuangan Sampah (TPS) konvensional. 

Harapan kami kepada pihak Pemerintah Kota adalah agar serius menjalankan pembangunan di Kawasan Bandung Timur tanpa mengenyampingkan faktor lingkungan. Semoga saja dinas tata kota benar-benar merencanakan pembangunan ini secara cermat dan mempertimbangkan pertumbuhan penduduk minimal hingga puluhan tahun ke depan. Mumpung kawasan ini masih kosong, tentunya penataan kota akan lebih mudah dibandingkan dengan penataan kota di kawasan tengah, barat, utara, dan selatan. Kami dan seluruh masyarakat yang berdosili di kawasa Bandung Timur tentunya akan 100% mendukung dan mengawal pembangunan ini agar tetap berada pada koridor serta benar-benar berpihak kepada masyarakat umum. (BCC news)

0 comments:

Berita Lainnya :

 
Copyright 2013 - Nandira Semesta Bandung
Designed by Republik Design